Langsung ke konten utama

hal-hal yang perlu diperhatikan pada proses finishing

Masih banyak diantara kita para tukang finishing yg seringkali masih bingung untuk memulai proses finishing, jenis finishing apa yang dipilih, material apa saja yg digunakan, bagaimana menghitung ongkos dan biaya finishing, dll.
Untuk itu, kali ini saya akan membagikan artikel tentang  cara pemilihan proses finishing.

Hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum memulai proses finishing
  • Fungsi dari produk. 
Salah satu fungsi dari finishing adalah untuk bisa memberi perlindungan pada produk yang yang dilapisinya. Karena itu sebelum memulai proses finishing pada suatu produk mebel, maka pastikan dulu fungsi dari produk tersebut.
misalnya : finishing untuk produk-produk mebel yang akan digunakan untuk meja makan, maka sebaiknya dipilih finishing yang tahan dan bisa dibersihkan apabila ada sisa makanan atau sisa minuman jatuh di permukaan meja. 
finshing untuk produk-produk yang digunakan untuk exterior seperti garden furniture, pintu luar, dll maka sebaiknya dipilih finishing yang tahan terhadap cuaca, panas, hujan dan sinar matahari

finishing rusak pada jendela

lapisan finishing yang rusak pada jendela
  • Jenis kayu atau bahan mebel
lapisan finishing harus juga menyesuaikan dengan bahan baku dari produk yang difinishing. Saat ini mungkin ada mebel yang dibuat dari besi, plastik, kayu, rotan, dll. setiap jenis bahan tersebut memiliki sifat yang berbeda-beda dan mungkin membutuhkan perlakuan dan bahkan bahan finishing yang berbeda-beda. Khusus kayu, setiap jenis kayu juga memiliki sifat nya masing-masing dan bisa jadi membutuhkan proses finishing yang berbeda.

meja makan bundar

meja makan kayu 
  • Penampilan yang diinginkan
tujuan lain dari proses finishing adalah untuk memberikan penampilan sesuai dengan keinginan dari penggunanya. penampilan dan warna finishing ini merupakan hal yang berkaitan dengan selera dan bisa berbeda-beda bagi masing-masing orang. Sesuatu yang kita anggap bagus, bisa jadi tidak bagus bagi orang lain dan sebaliknya. Karena itu sebelum memulai proses finishing pastikan kita sudah melakukan diskusi yang mendalam dengan pihak yang akan menggunakan produknya. Pastikan kita sudah bisa memenuhi selera dari penggunanya. Sebaiknya kita buat dulu contoh finishing pada panel kecil yang kita tunjukkan ke pihak pembeli untuk memberi kejelasan tentang warna dan penampilan yang diinginkan
  • Lakukan finishing skala kecil dulu
setiap jenis bahan, baik bahan mebel atau bahan finishing memiliki sifat sendiri yang mungkin bisa mengakibatkan masalah besar pada proses finishing. karena itu sangat disarankan untuk melakukan proses finishing pada skala kecil dulu. Buatlah step panel sesuai dengan warna dan penampilan finishing yang diinginkan dengan bahan yang ada sebelum melakukan proses pekerjaan pada produk yang banyak. Step panel ini menjadi sangat penting, karena pada kenyataannya proses finishing bisa menjadi sangat berbeda untuk warna yang berbeda. Sifat kayu yang bervareasi dan seringkali tidak standard juga membuat proses finishing menjadi semakin sulit ditebak. karena itu sebaiknya kita memastikan proses finishing yang harus kita lakukan dengan melakukan percobaan atau proses finishing pada panel ukuran kecil dulu.

  • Lakukan perhitungan biaya finishing
Proses finishing tentu juga berhubungan dengan biaya atau harga. Lakukan perhitungan dulu terhadap biaya dan harga finishing sebelum menerima dan melakukan pekerjaan finishing. Pastikan ongkos dan biaya finishing dapat diterima oleh pihak pembeli