Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

sistem pemipaan di ruang finishing

Udara tekan (pressured air) merupakan salah satu unsur yang dibutuhkan dalam proses finishing modern. Udara tekan merupakan sumber energi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan alat-alat finishing. Spray gun membutuhkan udara tekan untuk bisa mengatomisasi material finishing dan mengarahkannya ke permukaan yang diinginkan. Alat-alat lain seperti mesin amplas, pengaduk material finishing dan pompa material juga membutuhkan udara tekan sebagai sumber energi dan penggerak dari mesin-mesin tersebut.

Sebagai penyedia udara tekan kita membutuhkan kompressor, yang berfungsi untuk menyedot udara dan menekannya di dalam tabung udara sampai dengan tekanan tertentu sesuai dengan kebutuhan alat. Udara tekan yang dibutuhkan untuk proses finishing terutama yang digunakan untuk spray gun adalah udara yang bersih, karena udara ini akan bercampur dengan material finishing. adanya kotoran dalam udara yang masuk ke dalam spray gun akan mengotori bahan finishing dan mengakibatkan masalah pada kualitas hasil finishing.

Untuk memastikan bahwa udara yang masuk digunakan adalah udara yang bersih, maka dibutuhkan perlengkapan tambahan yaitu filter udara atau air filter atau air drier dan juga sistem pemipaan yang baik. Berikut ini saya bagikan tentang design pemipaan dan hal-hal yang diperlukan untuk menjaga supaya udara yang dihasilkan oleh kompressor adalah udara yang benar-benar bersih dan bisa digunakan untuk proses finishing.

1. pasang filter udara sebelum udara yang akan masuk ke system pemipaan

udara yang dihasilkan oleh kompressor berasal dari udara luar yang pada umumnya tidak bersih. Udara lingkungan secara alamiah mengandung air, debu dan mungkin juga kotoran-kotoran yang lain. Karena itu sebelum dikirim ke ruang finishing sebaiknya disaring dulu. Satu filter udara dengan kapasitas yang besar merupakan salah satu kelengkapan standard yang dibutuhkan untuk melengkapi kompressor dan sistem pemipaan di ruang finishing. Gunakan satu filter udara yang sesuai dengan volume udara tekan atau kapasitas kompressor untuk menyaring udara keluar dari kompressor untuk menyaring udara dan memastikan udara yang dihasilkan adalah udara tekan yang bersih.

2. Sistem pemipaan yang benar

Udara tekan yang mengalir di dalam pipa akan selalu bercampur dengan uap air, dan uap air ini akan mengembun menjadi air pada saat udara dingin. Air yang bercampur dengan udara tekan dan masuk dalam alat spray akan bercampur dengan bahan finishing dan mengakibatkan masalah pada hasil finishing. karena itu pemasangan pipa udara harus mengakomodasi adanya air ini dan mencegahnya supaya air tidak masuk dan ikut ke dalam alat-alat finishing. cara sederhana dan murah untuk mencegah air dalam udara dalam udara tekan adalah dengan mengatur sistem pemipaan yang benar. 

Sistem pemipaan yang disarankan untuk ruang finishing adalah sebagai berikut : 

Buat satu rangkaian pipa utama yang merupakan sirkulasi yang tertutup. Kemudian sambungkan pipa-pipa lagi dari pipa utama ini sebagai penyalur udara ke bagian-bagian yang dibutuhkan. Setiap pipa yang menyalur dari pipa utama ini mesti diambil dari bagian atas dan dibuat agak sedikit naik dari pipa utama baru kemudian disalurkan menuju tempat-tempat yang diinginkan. Design ini dimaksudkan supaya air yg mengembun tertampung pada dasar pipa dan tidak ikut terbawa dalam aliran udara yang dikirim ke alat-alat finishing.

Sediakan drain valve yaitu tempat untuk mengeluarkan air pada pipa utama ini. Drain valve ini berupa pipa udara yang dihubungkan dengan bagian bawah dari pipa utama, Fungsi dari drain valve dan pipa ini adalah sebagai tempat untuk mengeluarkan air dari dalam pipa. Dengan sistem ini, maka setiap kali ada air yang mengembun di pipa utama, maka akan tertampung di dalam pipa untuk drain dan akan bisa dikeluarkan dari pipa utama. Drain valve ini bisa dibuka pada waktu-2 tertentu untuk mengeluarkan air dan kotoran lain dari dalam pipa utama.

Prinsip yang sama juga dipakai pada pemasangan titik-titik teminal udara untuk digunakan pada alat. proses penyambungan dengan model T dan disediakan drain valve di setiap titiknya. kalau diperlukan bisa dipasang lagi filter-filter udara kecil di setiap terminal udara . 

untuk lebih jelasnya mengenai sitem pemipaan bisa dilihat pada diagram sistem pemipaan di bawah ini.


sistem pemipaan untuk ruang finishing