Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Step panel untuk wood finishing

Step panel adalah satu panel warna yang dilengkapi dengan gambaran tentang tahap-tahap (step-step) dari proses finishing yang dikerjakan untuk menghasilkan warna dan penampilan finishing pada panel tersebut.

step panel

step panel warna dark brown

Pembuatan step panel adalah satu langkah awal yang perlu dilakukan untuk memulai proses pekerjaan finishing terutama untuk pekerjaan yang kontinyu dan skala besar. Untuk pabrik-pabrik mebel besar apalagi yang produknya melayani eksport, maka step panel sudah merupakan standard proses yang harus dikerjakan pada proses produksi. Untuk pengusaha dan pelaku bisnis finishing, tetap saja disarankan untuk membuat step panel dulu sebelum menerima pekerjaan finishing. 
Step panel merupakan satu dokumen terpenting untuk pekerjaan finishing, dari step panel bisa dilihat penampilan dan warna finishing yang mesti disepakati dulu oleh pihak pembeli dan produsen atau penyedia jasa finishing. Setelah terjadi kesepakatan maka mestinya nanti tidak lagi ada masalah di belakang ketika pekerjaan finishing sudah dikerjakan. Jika terjadinya perselisihan warna di akhir pekerjaan, maka bisa dikembalikan pada step panel yang telah dibuat dan disetujui bersama. Jika warna tidak sama dengan panel, maka artinya penyedia jasa finishing yang bertanggung jawab, sebaliknya jika pembeli yang minta warnanya berbeda dengan panel awal, maka pihak pembeli harus siap dengan segala implikasinya (siap membayar segala tambahan biaya yang dibutuhkan). 
Tujuan pembuatan dari step panel adalah untuk menemukan dan mencatat setiap tahap dari proses finishing untuk mendapatkan hasil warna dan penampilan finishing yang diinginkan. Tahapan-tahapan dalam step panel yang benar apabila diikuti maka akan menghasilkan warna dan penampilan finishing seperti pada panel warna di step panel tersebut. Karena itu  maka pembuatan step panel harus dibuat dan disiapkan dengan benar. 


Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan pada saat pembuatan step panel.

  • Bahan yang digunakan untuk step panel harus menggunakan bahan yang akan digunakan untuk produksi
Proses finishing sangat tergantung pada jenis bahan yang digunakan, setiap jenis kayu tertentu memiliki sifat-sifat dasar tertentu yang berbeda dari bahan yang lain. Karena itu untuk mendapatkan warna dan penampilan finishing tertentu, maka setiap bahan (substrate) akan membutuhkan proses finishing yang berbeda-beda pula. Karena itu harus dipastikan pada saat membuat step panel, maka dipastikan bahwa bahan (substrate) yang digunakan adalah substrate yang sama dengan substrate yang digunakan untuk membuat produk. Apabila digunakan beberapa jenis bahan baku, maka dibutuhkan step panel untuk masing-masing bahan baku. 
  • Faktor bentuk barang
Selain bahan baku, penampilan produk mebel juga sangat dipengaruhi oleh faktor bentuk barang, misalnya : bentuk ukiran, bentuk lengkungan, bentuk tektur atau rustik, dll, akan menghasilkan penampilan yang sedikit berbeda dibandingkan dengan bentuk-bentuk panel datar. Karena itu step panel mesti dibuat dengan bentuk yang sedapat mungkin menggambarkan bentuk dari produk yang akan diproduksi. 

  • Material finishing harus menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan untuk produksi
Step panel yang dibuat juga mesti mempertimbangkan ketersediaan bahan finishing di produksi. Apabila bahan finishing harus dibeli, maka harus dipertimbangkan ketersediaan bahan dan kemudahan dalam mendapatkan bahan di toko atau di supplier. Apabila dibutuhkan bahan-bahan finishing yang khusus, maka harus dipertimbangkan ketersediaan bahan tersebut dalam jangka panjang, atau setidaknya tersedia bahan yang cukup untuk menyelesaikan proyek yang harus dikerjakan saat itu. 

  • Proses finishing yang dilakukan mesti disesuaikan dengan kondisi produksi
Pembuatan step panel bertujuan supaya proses finishing bisa dilakukan dengan mudah oleh operator produksi yang secara skill mungkin tidak terlalu tinggi. Dengan mengikuti step panel, maka para operator cukup mengikuti setiap langkah tanpa harus banyak berpikir. Karena itu step panel mesti dibuat dengan proses yang sesederhana mungkin dan menggunakan alat-alat dan fasilitas yang tersedia di ruang finishing. 

 more info : klik disini