Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kayu dan veneer walnut

Kayu walnut merupakan salah satu kayu yang dikenal baik dalam industri woodworking.. Kayu ini memiliki kekerasan medium dan nilai susut dan yang tidak terlalu tinggi, sehingga relatif stabil dan mudah dikerjakan dan dibentuk dalam industri woodworking. Namun nilai lebih tertinggi dari kayu walnut ini adalah penampilannya yang spesial, yaitu warna dasar kayu coklat tua yang secara umum merupakan warna favorit dari penggemar kayu ditambah dengan strip hitam di seratnya yang unik dan tidak tergantikan oleh kayu lain. Kayu ini memiliki karakter serat yang sangat kuat berupa alur tekstur serat lurus dan garis-garis hitam yang kuat dan yang secara alami sangat indah. Karena itulah kayu walnut banyak digunakan untuk membuat produk-produk premium seperti produk furniture, atau produk arsitektural dengan desin spesial dan harga yang mahal. 

walnut vanity box

walnut dengan finishing semi doff untuk vanity box

untuk informasi dan pemesanan silakan hubungi kami : www.furniture.wisno.co.id

Kayu walnut ini merupakan kayu import, sampai tulisan ini dibuat belum ada (sangat jarang) kayu walnut yang merupakan hasil budi daya dari dalam negeri Indonesia. Waktu tumbuh yang lama dan tidak mudah mungkin menjadi alasan kenapa kayu ini tidak banyak ditanam di Indonesia. Karakter kayu walnut ini bisa bervareasi tergantung dari kayu ini berasal, American walnut yang berasal dari Amerika merupakan kayu atau veneer yang paling popular dan banyak tersedia di pasar woodworking.  Kayu walnut sendiri merupakan kayu yang mahal, dan karena itu penggunaannya di Indonesia tidak sebanyak kayu-kayu import lainnya. 

Dengan ditemukan teknologi veneer, maka penggunaan kayu walnut sudah sangat jauh berkurang dan digantikan dengan veneer. Veneer walnut dengan berbagai macam cara slicing dan vareasi penataan dapat menghasilkan lebih banyak model dan vareasi penampilan yang lebih indah dan menarik untuk berbagai kebutuhan. Veneer walnut juga bisa menghasilkan panel panel yang dengan ukuran yang lebar dan panjang dengan warna dan karakter serat yang lebih seragam dan konsisten.  Veneer walnut banyak juga dikombinasikan dengan veneer lain untuk menghasilkan bentuk-bentuk inlay yang khusus. Kombinasi antara veneer walnut yang berwarna gelap dengan veneer lain yang berwarna muda akan dapat menghasilkan suatu produk dengan 2  warna atau lebih akan menghasilkan penampilan yang sangat menarik dengan tetap menampilkan kesan natural kayu. 

Penggunaan kayu walnut

Kayu walnut terutama digunakan untuk produk-produk yang membutuhkan nilai estetika yang tinggi seperti produk-produk arsitektural, furniture, dinding, atau lantai kelas premium. Dengan kemajuan teknologi veneering, maka pada saat ini sebagian besar produk-produk tersebut sudah tidak lagi menggunakan kayu solid, tetapi digantikan oleh veneer walnut yang sudah banyak tersedia dengan harga yang jauh lebih murah. Veneer walnut juga banyak digunakan untuk membuat produk-produk seni dari veneer kayu atau inlay veneer sebagai aksen pada produk-produk furniture atau produjk-produk lainnya. 

Finishing untuk kayu walnut.

Kayu walnut yang tua (heartwood) memiliki warna dasar yang gelap coklat tua dengan garis-garis hitam di dalam seratnnya. Sedangkan untuk kayu muda (sapwood) memiliki warna coklat muda tanpa ada garis-garis hitam di seratnya.  Kayu walnut memiliki pola serat yang sangat kuat dan dengan finishing yang tepat bisa menghasilkan penampilan kayu yang indah. Namun warna dasar kayunya yang sudah tua, membuat pilihan warna finishing untuk kayu ini menjadi relatif terbatas. Finishing natural tanpa warna atau dengan stain tipis merupakan pilihan yang terbaik untuk kayu ini, karena akan menampilkan keindahan dari warna kayu dan serat asli kayu ini secara maksimal. Apabila diinginkan bisa juga digunakan aplikasi glaze untuk membuat kesan antik atau memperkuat karakter dan keindahan pola serat dan kayu. 

Warna-warma muda atau warna solid tidak telalu tepat untuk kayu ini, karena bertentangan dengan warna dasar kayu yang sudah tua dan keindahan penampilan kayu ini. Kalau diinginkan warna muda dari kayu ini maka diperlukan bleaching untuk membuat warna kayu ini menjadi putih, namun ini berarti tambahan pekerjaan dan proses yang tidak mudah. 


walnut vener untuk cabinet high gloss

Kayu ini memiliki serat dengan karakter yang kuat dengan texture yang lembut dan pori yang kecil dan dangkal.  Suatu finishing transparan dengan warna gelap yang bersih, close pores dan gloss yang tinggi akan bisa menghasilkan suatu produk furniture yang elegan, mewah, elegan dan mahal. Struktur pori dan serat kayu ini relatif mudah ditangani untuk menghasilkan finishing close pores. Satu kali aplikasi filler yang tepat akan dengan mudah mengisi pori dan serat untuk menghasilkan close pores finish dengan cepat. Bahan finishing 2 komponen (PU atau Polyester) kualitas yang baik dapat dipilih untuk membentuk lapisan film yang tebal dan finishing close pores untuk kayu ini dengan tanpa banyak masalah.



Buku yang berisi pengetahuan dan praktek-praktek praktis mengenai finishing mebel
Merupakan salah satu buku wajib bagi anda pelaku dan pemerhati finishing mebel

 more info : klik disini