Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Alat pelindung diri (APD)

Salah satu perlengkapan yang dibutuhkan dalam finishing adalah alat pelindung diri, atau personal protective equipment. Alat pelindung diri ini merupakan perlengkapan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dan anggota tubuh dari kemungkinan terpapar bahan kimia, kotoran, debu dan barang-barang lain pada saat beraktifitas dan bekerja..



Berikut ini beberapa alat yang dibuat untuk bisa dipergunakan sebagai alat pelindung diri bagi anda yang bekerja di industri finishing 
  • Masker
Masker merupakan alat pelindung yang menyaring dan mecegah partikel-partiel padat supaya tidak masuk ke dalam saluran pernapasan. Masker ini sekarang menjadi alat yang sangat umum digunakan terutama setelah pandemi covid 19 yang merebak beberapa waktu yang lalu. Banyak orang menggunakan masker pada saat keluar rumah. Masker ini meskipun merupakan alat yang sederhana, namun sangat membantu untuk menjaga kesehatan, alat ini bisa menahan dan menyaring partikel-partikel padat seperti debu-debu amplas, dust spray, dan bahkan cairan atau virus dan bakteri supaya tidak masuk ke saluran pernapasan.
  • Sarung tangan
Sarung tangan merupakan alat pelindung tangan dari beberapa masalah dalam proses pekerjaan. Sarung tangan dari karet atau plastik merupakan APD bagi tukang finishing bisa mengurangi dan mencegah bahan kimia supaya tidak mengenai tangan secara langsung. Sarung tangan bisa juga digunakan oleh orang-oraang yang bekerja di proses kayu, yang berfungsi untuk memberikan pelindungan pada tangan dari gesekan kecelakan kerja 
  • alat pelindung telinga
Bekerja di industri kayu akan membuat telinga terpapar oleh deru suara mesin atau suara-suara yang lain. Paparan suara-suara tersebut apabila berlangsung terus dalam jangka panjang bisa merusak pendengaran.
Untuk mencegah hal tersebut, maka orang-orang yang bekerja di tempat-tempat  bising dianjurkan untuk menggunakan penutup telinga. Penutup telinga yang sederhana bisa mengurangi intensitas suara yang menerpa gendang telinga sehingga bisa mencegah kerusakan telinga.
  • kaca mata
Alat pelindung yang lain adalah kacamata keselamtan atau safety glass. Kacamata ini berukuran lebih besar dan didesign dengan bentuk khusus sampai melingkupi mata dengan lebih rapat. Kaca tidak dibuat dari kaca, tapi dari plastik khusus yang lebih aman. Kaca mata ini juga bisa memberikan perlindungan dari paparan debu kayu dari proses pengamplasan, debu dari dust spray atau percikan material finishing pada saat bekerja 
  • Celemek
celemek sebenarnya merupakan alat yang sangat sederhana namun sangat membantu untuk mencegah baju atau celana supaya tidak terkena percikan bahan finishing. Alat ini bisa dikenakan pada saat dibutuhkan dan dilepas dengan mudah pada saat tidak dibutuhkan. 
  • Sepatu safety
Bagi anda yang bekerja di ruang finishing, maka sepatu mungkin merupakan perlengkapan yang paling cepat rusak. Bagi pekerja di ruang finishing, sepatu akan sangat sering terkena thinner stain, cat atau bagan finishing lainnya. Sepatu biasa yang pada umumnya tidak dibuat untuk tahan thinner dan solvent, akan cepat rusak apabila digunakan untuk bekerja di ruang finishing.  
Untuk mengatasi masalah itu,  maka para pekerja di ruang finishing menggunakan sepatu khusus, yaitu safety shoes. Sepatu safety ini mempunyai sol dari karet yang tidak larut dan tahan terhadap thinner dan solvent. Sepatu ini juga dilengkapi dengan metal pelindung untuk melindungi ujung-ujung jari dari resiko terkena atau tertimpa benda-benda keras. 
  • Respirator
Respirator adalah pelindung pernapasan yang lebih baik daripada masker, jika masker hanya bisa melindungi saluran pernapasan dari partikel-partikel padat, maka respirator melindungi penapasan dengan lebih baik. Respirator mempunyai saringan yang bisa menyaring dan melindungi pernapasan dari uap-uap thiner dan solvent yang berpotensi mengganggu kesehatan. 


Buku yang berisi pengetahuan dan praktek-praktek praktis mengenai finishing mebel
Merupakan salah satu buku wajib bagi anda pelaku dan pemerhati finishing mebel

 more info : klik disini