Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Wide belt sander, mesin amplas kayu untuk panel lebar dan panjang

Proses pengamplasan merupakan salah satu proses penting pada industri woodworking. Semua kayu yang keluar dari mesin, selalu membutuhkan proses pengamplasan yang benar sebelum bisa digunakan dan dirakit menjadi produk kayu. Proses pengamplasan di industri kayu sebaiknya dilakukan dengan mesin-mesin amplas yang memadai untuk bisa menghasilkan hasil pengamplasan yang baik, dengan cepat, efisien dan konsisten. Salah satu mesin amplas yang sangat penting dalam industri kayu adalah wide belt sander (WBS). WBS adalah mesin amplas yang menggunakan amplas yang lebar sebagai alat untuk melakukan proses pengamplasan.


WBS wide belt sander

Komponen dari WBS
Mesin ini mempunyai beberapa komponen yang membuatnya bisa berfungsi dan bekerja sebagai mesin amplas yaitu:
  • Sabuk amplas (Sanding belt)
Sabuk ampals atau sanding belt ini adalah komponen utama dalam mesin WBS. Sabuk amplas adalah abbrasive yang dipasang dalam mesin dan berfunsi sebagai bahan untuk melakukan pengamplasan pada permukaan yang diinginkan. Abrasssive (amplas) untuk WBS terbuat dari amplas kain yang tebal lebar yang kaku dipasang pada mesin dan akan berputar pada saat mesin amplas ini bekerja. Sabuk amplas ini tersedia dalam berbagai ukuran kehalusan (grade) yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.  
  • Meja kerja (Working table):
Meja kerja pada wide belt sander adalah tempat dimanan benda kerja diletakkan dan didorong melalui mesin dan menjalani proses pengamplasan. Meja ini ini berupa papan datar dan rata dan dapat diatur ketinggiannya. Ketinggian meja kerja ini akan menentukan seberapa besar gesekan yang akan diterima oleh permukaan benda kerja. 
  • Drum amplas (Sanding drum): 
Drum amplas adalah suatu drum berputar yang di bagian dalam dari belt sander. Drum ini akan mengatur perputaran dari belt sander (sabuk amplas). Pengaturan kecepatan putaran dan tekanan pengamplasan dilakukan dengan pengarutan pada drum sander ini. 
  •  Conveyor belt:
Conveyor belt adalah alat berupa sabuk berputar yang membawa benda kerja melalui mesin. Conveyor belt ini berfungsi untuk memasukkan benda kerja secara kontinyu dan stabil dengan kecepatan yang diinginkan selama proses pengamplasan
  • Tension roller: 
Tension roller adalah alat yang menjaga dan mengatur ketegangan sabuk amplas. Tension roller ini  menahan dan memastikan sabuk amplas tetap kencang dan tidak melorot selama beroperasi.
  • Sistem pengaturan (Adjustment system): 
Seluruh komponen dari Wide belt sander ini dikontrol dan diatur dengan sistem pengaturan yang dipusatkan pada panel kontrol. Panel kontrol ini merupakan papan panel untuk melakukan pengaturan pada mesin bekerja seperti: pengaturan tekanan, ketinggian meja, kecepatan sabuk amplas, dan parameter lainnya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.
  • Penghisap debu (Dust collector): 
Wide belt sander menghasilkan banyak debu selama operasi. Untuk menjaga kebersihan pada mesin dan ruangan sekitarnya, maka pada mesin ini ditambahkan satu alat atau sistem penghisap debu (dust colector). Dust collector pada mesin WBS ini bisa bersifat portable yang melekat pada setiap mesin, atau bisa juga disambungkan dengan sistem penghisap debu yang terintegrasi pada seluruh ruangan produksi. 

Fungsi dari WBS

  • Untuk kalibrasi
Mesin amplas WBS dengan amplas kasar mempunyai daya kikis yang kuat. Mesin ini bisa berfungsi untuk melakukan pengamplasan pada papan panel untuk menghasilkan panel yang rata dengan ketebalan yang sama di setiap tempatnya. WBS dengan tingkat presisi yang tinggi merupakan alat yang sangat dibutuhkan untuk membuat komponen berupa papan panel dengan ukuran ketebalan yang seragam. Alat ini merupakan kelengkapan dasar untuk membuat produk-produk knock down atau komponen-komponen yang membutuhkan tingkat keseragaman ukuran yang presisi.
  • Untuk melakukan pengamplasan (menghaluskan permukaan)
WBS juga merupakan mesin yang berfungsi untuk melakukan pengamplasan dan menghasilkan permukaan yang rata dan halus. Sabuk amplas yang dipasang pada mesin ini bisa dipilih menyesuaikan dengan kehalusan yang diinginkan. Sabuk amplas dari grade yang kasar dibutuhkan untuk melakukan pengamplasan awal dengan tujuan utama membentuk komponen yang rata. Kemudian diikuti dengan penggunaan grade amplas yang lebih halus untuk menghasilkan permukaan yang halus.
Pada proses finishing flat line system dengan aplikasi finishing dengan roller atau mesin otomatis, maka wbs merupakan mesin utama untuk proses prngamplasan pada lapisan finishing.


wbs dengan 3 roll, gambar diambil dari woodworking machinery


Hal-hal yang harus dipertimbangkan pada saat memilih wbs:
  • Pertimbangkan proses produksi, kecepatan, bentuk barang, 
Meskipun WBS ini merupakan mesin dasar yang sangat dibutuhkan pada industri woodworking, namun demikian tidak berarti mesin ini selalu cocok untuk setiap industri dan pabrik kayu. Proses produksi dari setiap pabrik berbeda-beda dari satu perusahaan dengan perusahaan, karena itu masing-masing memiliki kebutuhan mesin dan alat yang berbeda-beda. Karena itu sebelum memutuskan untuk membeli mesin ini, maka pelajari dan pertimbangkan proses produksi berupa jenis barang, kecepatan produksi dan kualitas barang yang diinginkan. Pastikan alat ini benar-benar dapat digunakan untuk membantu proses produksi pada saat membeli alat ini.
  • Pertimbangkan jenis mesin 
Mesin ini tersedia dalam beberapa jenis, merk, ukuran, harga dan tentu saja kualitas. Semakin besar mesin dan semakin tinggi kualitasnya tentu saja harganya akan semakin mahal. Pertimbangkan kebutuhan produksi dan pastikan sesuai dengan kebutuhan. 



Buku yang berisi pengetahuan dan praktek-praktek praktis mengenai finishing mebel
Merupakan salah satu buku wajib bagi anda pelaku dan pemerhati finishing mebel

 more info : klik disini