Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Rustic furniture, furniture antik yang menyampaikan kesan tua alami

Rustic furniture adalah model furnitur yang terinspirasi oleh keindahan alam, kuno dan antik. Mebel-mebel dengan desain yang sederhana, proses pembuatan secara handmade yang tidak sempurna merupakan ciri-ciri dari rustic furniture. Furnitur rustik banyak yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti kayu solid, batu, dan logam dan bahan-bahan daur ulang  Karakteristik lain dari dari rustic furniture adalah keberlanjutan, kehangatan, dan keaslian..

Rustic furniture juga dikenal karena fleksibilitasnya sehingga dapat diintegrasikan dengan berbagai gaya dekorasi interior. Seiring waktu, gaya ini telah berkembang, dan saat ini banyak desainer yang menciptakan furnitur rustic dengan sentuhan modern untuk menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan kontemporer. Furnitur ini tidak hanya dianggap sebagai perabotan, tetapi juga sebagai karya seni dan investasi jangka panjang karena keindahannya yang abadi.

Macam-macam rustic furniture

Furniture rustic hadir dalam berbagai gaya, masing-masing memiliki keindahan dan karakteristik unik yang manrik. Berikut ini beberapa model rustic furniture

  • Log Furniture
Log furniture adalah furniture yang dibuat dari batang kayu utuh dengan tetap mempertahankan bentuk dan tekstur alami kayu. Kayu yang dipilih biasanya dipilih dari jenis kayu yang cukup kuat dan memiliki penampilan serat dan tekstur yang indah dan menarik. Beberapa jenis kayu yang banyak digunakan untuk furniture ini antara lain adalah: kayu jati, kayu akasia, kayu trembesi. 
Kayu-kayu tersebut biasanya cukup dipotong dan dibentuk sesuai dengan kebutuhan, namun apabila diperlukan bisa juga difinishing dengan lapisan finishing yang tepat supaya tidak mematikan keindahan alami dari kayu yang digunakan.


bangku dari batang kayu

bangku dari batang kayu

  • Barnwood Furniture:

Barnwood adalah furniture yang dibuat dari kayu bekas yang didaur ulang dan diproses lagi. Furniture dari kayu daur ulang ini memberi furniture tampilan yang lapuk dan usang yang spesial. Lebih dari itu kayu dari daur ulang ini juga memiliki nilai lebih karena merupakan salah satu cara untuk menjaga kelestarian alam dan pemanfaatan kayu yang berkesinambungan. 

rustic furniture

recycle wood furniture

  •   Rustic Chic
Adalah model furniture yang menggabungkan elemen rustic dengan desain modern. Rusic chic furniture rustic chic sering menampilkan model yang lebih bersih dan penyelesaian yang lebih halus, sambil tetap mempertahankan keindahan dan kehangatan dari bahan baku yang alam.



rustic chic
  • brushed finished furniture
Salah satu model rustik yang dikenal di Indonesia adalah model rustik yang dibuat dari kayu yang disikat sehingga menampilkan garis-garis kayu yang kasar dan tidak beraturan . Finishing yang dimulai dengan proses penyikatan ini juga banyak dinamakan dengan finishing rustik yang akan menimbulkan kesan tua, kasar, tidak teratur dan handmade. 


Buku yang berisi pengetahuan dan praktek-praktek praktis mengenai finishing mebel
Merupakan salah satu buku wajib bagi anda pelaku dan pemerhati finishing mebel

 more info : klik disini