Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Gergaji Mesin untuk Industry kayu

Gergaji adalah alat yang menggunakan gerigi untuk memotong atau membelah kayu. Gergaji ini bisa memotong kayu dengan hasil bentuk yang rata dan sedikit bahan yang terbuang. Gergaji mesin yang menggunakan tenaga mesin merupakan salah satu alat utama dalam industry woodworking. Gergaji digunakan untuk menebang pohon, membelah log menjadi papan-papan kayu dan juga membentuk komponen-komponen kayu sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.  

Macam-macam gergaji mesin kayu

Industry mesin kayu telah menciptakan beberapa jenis gergaji untuk memenuhi kebutuhan industry woodworking.  Tiap-tiap jenis gergaji dibuat untuk bisa melakukan proses pembelahan dan pemotongan kayu secara spesifik. Berikut ini beberapa jenis mesin gergaji kayu yang banyak digunakan dalam industry woodworking saat ini. 

circular saw

Circular saw (gergaji cakram)

Circular saw adalah gergaji yang menggunakan mata gergaji berbentuk cakram. Meskipun ada alat-alat lain yang memiliki cara kerja yang mirip dengan circular saw, namun pada umumnya yang dimaksud dengan circular saw adalah circular saw yang portable. Circular saw ini bisa berukuran kecil dan bisa dibawa ke tempat yang diinginkan untuk memotong atau membelah kayu dengan ukuran yang tidak terlalu besar. 

Table saw (Gergaji meja )

Gergaji ini memiliki mata gergaji berbentuk cakram seperti halnya circular saw, namun cakram bergerigi ini terpasang pada sebuah meja. Alat ini  sangat cocok untuk pemotongan komponen-komponen yang membutuhkan keakuratan tinggi. Pengguna dapat mengatur sudut dan kedalaman potong, sehingga sangat sesuai untuk produksi potongan yang seragam.

Jigsaw (gergaji jig)

Gergaji ini berupa bilah gergaji panjang yang bergerak naik dan turun. Gergaji ini dibuat untuk memotong dan membentuk komponen-komponen dengan bentuk yang rumit, seperti kurva, bentuk lengkung dan bentuk-bentuk yang tidak teratur laiinya. Di tangan orang yang terampil, jig saw ini merupakan alat yang sangat fleksibel dan mudah dioperasikan untuk membentuk komponen komponen yang rumit.

Reciprocating saw (gergaji sabre)

Gergaji ini memotong dengan gerakan maju mundur, gergaji ini sering digunakan dalam pekerjaan demolisi atau saat memotong yang tidak memerlukan akurasi tinggi.



band saw


Band saw (gergaji pita)

Band saw adalah gergaji yang menggunakan pisau gergaji yang panjang dan kecil (seperti pita) yang terpasang pada dua roda yang berputar secara kontinyu. Gergaji ini memiliki banyak ukruran dan memungkinkan pemotongan yang akurat dan dapat mengikuti bentuk dan ukuran yang beragam

Chain saw (gergaji rantai)

Gergaji ini menggunakan mata gergaji yang dipasang pada rantai yang berputar. Gergaji ini merupakan gergaji yang portable dan banyak digunakan sebagai mesin potong atau tebang untuk pohon atau log kayu. 


chain saw


Tips Memilih Gergaji Mesin

Sesuaikan dengan kebutuhan

Tentukan jenis pemotongan yang paling sering anda lakukan, kemudian pilih jenis gergaji yang paling tepat. Pertimbangkan juga volume pekerjaan dan vareasi dari produk dan komponen yang akan dibuat. Mesin yang bekerja dengan kecepatan tinggi biasanya relative tidak fleksibel dan tidak terlalu cocok untuk pekerjaan dengan vareasi yang banyak.  

Ukuran dan ketebalan kayu

Periksa kedalaman dan kemampuan potong gergaji, pastikan bisa digunakan untuk kayu dengan ketebalan yang akan diproses. Sebaliknya hindari juga ukuran gergaji yang telalu besar karena akan membuat proses pemotongan menjadi boros. 

Keselamatan 

Gegaji merupakan mesin yang berbahaya, salah dalam pengggunaan bersiko mengakibatkan cedera parah bagi orang di sekitarnya. Namun demikian gergaji modern selalu dilengkapi dengan fitur keselamatan untuk meminimalkan bahaya alat ini. Pastikan gergaji memiliki fitur keselamatan yang memadai seperti pelindung mata gergaji, rem darurat, dan sistem penguncian yang efektif.

Perawatan

Mesin gergaji selalu membutuhkan perawatan untuk bisa bekerja secara optimal dan aman. Pastikan anda mendapat jaminan bahwa anda bisa melakukan perawatan untuk alat anda. Termasuk ketersediaan suku cadang dan bengkel reparasi untuk perbaikan alat, apabila alat sudah tidak berfungsi secara baik. 



Buku yang berisi pengetahuan dan praktek-praktek praktis mengenai finishing mebel
Merupakan salah satu buku wajib bagi anda pelaku dan pemerhati finishing mebel

 more info : klik disini