Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pemilihan Spray Gun antara Harga Murah dan Kualitas

Spray gun merupakan salah satu senjata utama bagi para pelaku finishing, mulai dari operator, tukang cat cat sampai dengan teknisi-teknisi dari perusahaan finishing material selalu membutuhkan alat ini. Untungnya cup gun ini sudah banyak tersedia dan dapat dibeli dengan mudah. Industri alat finishing telah menyediakan alat ini dan mendistribusikannya untuk bisa digunakan oleh pelaku finishing. Alat ini banyak tersedia di toko-toko alat finishing dan di market place yang menawarkan alat ini secara online maupun off line. Namun demikian dengan banyaknya penawaran yang ada saat telah membingungkan bagi para penggunanya. 

Pada jaman dulu, spray gun ini hanya diproduksi dan disediakan oleh beberapa pabrik dengan merk-merk tertentu dengan kualitas dan spesifikasi yang jelas. Dengan membanjirnya produk-produk dari China yang sangat murah, ada banyak sekali cup gun yang ditawarkan dengan harga yang sangat murah dan dan cenderung tidak masuk akal. Bagi orang yang cenderung hanya melihat harga saja, maka tentu saja penawaran ini menjadi satu hal yang sangat menarik, namun demikian apabila anda mempertimbangkan penggunaan untuk jangka panjang, maka tentu saja pertimbangan kualitas merupakan satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Untuk membantu anda dalam memilih spray gun, maka berikut ini saya akan bagikan perbandingan spray gun dengan harga yang murah dengan merk yang tidak jelas, dengan spray gun dengan yang berkualitas namun dengan harga yang relatif mahal. 

Perbadingan spray gun yang murah dengan yang bermerk

Secara umum, spray gun dengan harga yang murah akan memiliki kualitas yang kurang baik, mulai dari ukuran komponen yang tidak presisi, bahan baku yang tidak kuat dan mudah rusak dan tidak ada garansi dan servis. Artinya jika anda membeli spray gun tersebut dan kemudian spray rusak, maka membeli spray gun baru mungkin merupakan pilihan yang lebih masuk akal, daripada memperbaikinya yang jatuhnya akan lebih mahal.
Sebaliknya spray gun dengan merk yang baik dan sudah terkenal seperti graco, devilbiss, wagner, meiji, dll. artinya adanya jaminan kualitas dan biasanya tersedia juga penggantian spare part dan bengkel untuk perbaikan. 
Untuk melihat perbandingan spray gun murah dan berkualitas, bisa dilihat di grafik di bawah ini.

Tips dalam memilih dan membeli spray gun

Untuk membantu anda memilih spray gun, maka berikut ini beberapa poin-poin yang bisa dibaca sebagai pertimbangan. Satu hal yang paling penting adalah pemilihan yang tepat, mau yang murah ataupun yang mahal, maka pertimbangan yang utama adalah kepastian bahwa alat tersebut bisa memberikan manfaat yang sepadan dengan uang yang kita keluarkan. 

  • Pilihlah sesuai dengan tujuan penggunaan

Spray gun yang mahal dan berkualitas lebih cocok untuk penggunaan jangka panjang dan berkelanjutan seperti pada pabrik-pabrik dengan pekerjaan yang kontinyu. Spray gun dengan dengan kualitas yang baik juga sangat dibutuhkan untuk pekerjaan  finishing yang membutuhkan hasil finishing yang baik dan berkualitas seperti proses finishing pada produk-produk mebel, panel-panel dekoratif dan produk-produk yang menginginkan kualitas yang baik dan hasil yang konsisten.

Spray gun murah bisa menjadi pilihan yang baik untuk penggunaan sekali pakai atau proyek kecil dengan anggaran terbatas. Spray gun yang murah juga bisa menjadi pilihan yang baik, ketika aplikasi spray gun tidak membutuhkan kualitas yang tinggi, seperti aplikasi pada glaze, aplikasi bahan kimia, bahan bleaching, atau aplikasi solvent untuk proses pencucian, dll.

  • Pertimbangkan faktor resiko, 

Alat yang berkualitas mungkin memang mahal, namun ada jaminan kualitas. Alat yang murah mungkin memang tidak ada jaminan, namun dengan uang yang sama, anda bisa mendapatkan alat yang lebih banyak. 

  • Pertimbangkan reputasi penjual. 
Pada saat membeli alat, maka sebaiknya juga mempertimbangkan reputasi dari penual atau toko yang menjualnya. Apabila anda membeli di toko-toko offline, tentu saja anda dapat melihat reputasi toko secara langsung ketika anda mengunjngi toko tersebut. Beberapa informasi yang dibutuhkan juga bisa dicari dan ditemukan dengan mencari dari berbagai sumber. Apabila anda membeli lewat market place atau toko online, maka anda bisa melihat review dan histori toko secara online dari tanggapan dan review dari para pembeli terdahulu. 




Buku yang berisi pengetahuan dan praktek-praktek praktis mengenai finishing mebel
Merupakan salah satu buku wajib bagi anda pelaku dan pemerhati finishing mebel

 more info : klik disini