Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Electric Spray Gun

Electric spray gun adalah spray gun yang bekerja dengan menggunakan tenaga listrik saja, tanpa menggunakan kompressor. Pada umumnya spray gun konvensional menggunakan udara tekan dari kompresor sebagai sumber penggerak dan tenaga untuk bisa menjalankan alat ini. Karena itu untuk menjalankan alat ini dibutuhkan compressor dan instalasi untuk mengalirkan udara tekan sehingga spray gun bisa bekerja. Namun pada electric spray gun, proses penyediaan angin disatukan dalam satu alat dengan spray gun. Dengan demikian spray gun electric ini bisa bekerja langsung dengan disambungkan dengan daya listrik sebagai sumber energi tanpa membutuhkan instalasi udara tekan dan kompresor lagi.

Pada prinsipnya proses spray material tetap dilakukan dengan menggunakan udara aliran udara, namun aliran udara itu dihasilkan sendiri oleh alat electric spray ini, sehingga tidak lagi membutuhkan kompresor dengan instalasi yang terpisah. Alat ini tentu saja lebih kompak dan praktis dibandingkan dengan spray gun konvensional, terutama apabila proses finishing dilakukan di tempat yang tidak tersedia fasilitas yang memadai. Proses aplikasi material bisa dilakukan dengan lebih simple, tidak lagi membutuhkan kompresor dan instalasi angin yang merepotkan.


Cordless spray gun

Alat ini merupakan pengembangan yang lebih maju dibandingkan dengan electric spray gun. Pada cordless spray gun, sumber listrik untuk menjalankan proses spray tidak lagi menggunakan sambungan listrik, tetapi dengan menggunakan bateray. Dengan teknologi bateray yang semakin maju, maka sumber daya listrik yang cukup kuat bisa dihasilkan dari beteray sehingga aplikasi spray bisa dilakukan dengan lebih simple. Bateray listrik dipasang pada corldless spray gun, dan spray gun bisa dijalankan tanpa membutuhkan sambungan listrik dengan kabel yang seringkali merepotkan. Apabila tenaga bateray melemah, maka dia bisa diganti dengan bateray yang baru, sementara bateray yang tadi bisa dicharge untuk mengisi daya listrik di dalamnya. Corldess spray gun ini memberikan kemudahan untuk aplikasi spray dibandingkan dengan spray gun konvensional. Para pengguna tidak lagi harus direpotkan dengan penggunaan kabel listrik, atau colokan listrik yang bukan saja merepotkan tetapi juga seringkali beresiko terhadap keselamatan.

Berikut ini beberapa kelebihan dari electric spray 

  • Sederhana dan praktis

Alat ini menawarkan kesedarhanaan dan kemudahan dalam penggunaan. Proses spray bisa dilakukan tanpa harus menggunakan compressor dan pemipaan yang seringkali merepotkan. Electric spray gun akan sangat bermanfaat ketika aplikasi bahan finishing harus dilakukan di dalam ruangan yang tidak memadai. Seperti dalam rumah, kantor, rumah atau ruangan-ruangan dengan ukuran kecil yang terbatas. Spray gun electric juga sangat berguna ketika aplikasi spray dilakukan di tempat dimana kompresor tidak bisa disediakan dengan berbagai alasan. 

  • Hasil aplikasi yang cukup baik

Meskipun memiliki keterbatasan, tetapi alat spray gun ini menggunakan proses aplikasi yang sama dengan proses spray yang lain. Artinya material finishing yang diaplikasikan juga melewati proses atomisasi seperti halnya spray gun konvensional, sehingga pelapisan bahan finishing bisa menghasilkan pelapisan yang baik sepeti halnya spray gun konvensional lainnya. Dengan teknik yang benar, material finishing bisa melapisi permukaan secara merata dengan ketebalan yang dinginkan seperti halnya spray gun dengan angin dari kompressor.

  • Bisa digunakan untuk tempat yang sulit

Karena simple dan kompak ini, maka alat ini merupakan salah satu pilihan yang terbaik untuk aplikasi bahan finishing di tempat-tempat yang sulit, seperti pada dinding-dinding yang tinggi, langit-langit ruangan, atap, atau tempat-tempat sulit lainnya. ALat ini juga bisa menjadi solusi untuk aplikasi spray di lokasi-lokasi yang tidak memiliki  fasilitas yang memadai seperti aplikasi di luar ruangan. 

Kekurangan Spray Gun Elektrik

Meskipun alat ini memiliki banyak keunggulan, tetapi alat ini juga memiliki keterbatasan yang perlu diketahui dan dipertimbangkan sebelum memilihnya. Berikut adalah beberapa kekurangan dari spray gun elektrik:

  • Kapasitas Terbatas

Spray gun elektrik ini akan menjalankan banyak fungsi secara bersamaan, mulai dari menyediakan tempat bagi material finishing, menyediakan udara tekan dan melakukan atomisasi material dan mengarahkan material finishing ke tempat yang diinginkan. Karena harus menjalankan banyak pekerjaan itu, maka alat ini mengurangi kapasitas dalam volume material yang bisa ditangani. 

Ruang untuk tempat material (cup) menjadi terbatas karena alat ini juga harus memasang beberapa asessories tambahan yang dibutuhkan untuk membangkitkan  udara tekan. Untuk cordless spray gun, maka alat ini juga harus membawa bateray yang membutuhkan ruang ruang tersendiri dan membuat alat menjadi lebih berat dan secara langsung akan membatasi jumlah material yang bisa dibawa oleh alat ini.

Pada umumnya alat ini berupa cup gun dengan tangki ukuran kecil, meskipun ada juga yang meggunakan tangki sebagai tempat menyimpan finishing material dengan ukuran besar yang terpisah dengan spray gunnya.  

  • Material yang diaplikasikan terbatas

Alat ini mempunyai keterbatasan dalam menghasilkan tekanan dan volume udara tekan. Karena itu alat ini tidak bisa digunakan untuk aplikasi material dengan viskositas yang terlalu tinggi. Material-material dengan viskositas tinggi akan membutuhkan udara tekan dengan tekanan yang tinggi untuk bisa menghasilkan atomisasi yang baik dan tidak bisa diakomodasi oleh alat ini. 

  • Aplikasi tidak bisa sebaik spray gun konvensional

Electric spray gun pada umumnya menggunaan prinsip airless, lvlp atau hvlp untuk atomisasi material.untuk penjelasan lebih lengkap, silakan baca artikel kami sebelumnya : spray gun untuk wood finishing). Meskipun sudah bisa menghasilkan pelapisan yang baik, namun hasil atomisasi alat ini tidak bisa sebaik atomisasi dengan model air spray. Untuk aplikasi bahan finishing yang membutuhkan pelapisan dan atomisasi yang sempurna, maka electric spray gun masih tidak terlalu cocok.

  • Perawatan yang lebih rumit

Alat ini mengerjakan banyak pekerjaan pada satu alat, karena itu maka tentu saja alat ini lebih komplek dan membutuhkan perawatan yang lebih teliti. Bukan saja pembersihan alat yang harus dilakukan secara baik dan disiplin, tetapi juga ada peralatan listrik yang harus dirawat dengan benar. 

  • Tidak cocok untuk pekerjaan dengan volume besar

Electric spray gun pada dasarnya merupakan alat untuk melakukan pekerjaan di tempat dan tidak cocok untuk pekerjaan dengan volume yang besar. Untuk proses finishing pada industri kayu dengan volume besar maka dianjurkan untuk menggunakan spray gun dengan tenaga angin karena faktor efisiensi, kecepatan, konsistensi dan juga faktor keamanan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin menggunakan electric spray gun

Jika anda adalah pelaku finishing, maka anda mungkin akan mendapat tawaran untuk mencoba (membeli) spray gun electric. Namun pada saat anda akan memutuskan untuk membeli spray gun ini, maka berikut ini ada beberapa pertimbangan yang pelu dipertimbangkan sebelum membeli alat ini.

  • Pastikan cocok dengan jenis dan volum pekerjaan 

Jenis dan volum pekerjaan merupakan pertimbangan yang paling penting pada saat membeli alat. Pastikan dulu bahwa alat yang akan anda beli bisa melakukan pekerjaan yang anda kerjakan. Cek dan lihat jenis pekerjaan, volume pekerjaan dan kualitas yang anda butuhkan, pastikan bahwa spray gun yang anda beli bisa memenuhi kebutuhan anda.

  • Kualitas dari hasil finishing

Kualitas finishing sangat ditentukan oleh kualitas alat yang digunakan. Pastikan hasil finishing yang dihasilkan oleh alat ini sudah memenuhi standard kualitas yang diharapkan. 

  • Jenis dan material finishing yang akan digunakan

Electric spray gun memiliki keterbatasan dalam aplikasi material untuk viskositas yang tinggi. Karena itu cek viskositas dari material finishing yang akan diaplikasikan, pastikan bahwa spesfikasi dari material yang akan diaplikasikan sesuai dengan spesifikasi dari alat yang akan anda beli.



Buku yang berisi pengetahuan dan praktek-praktek praktis mengenai finishing mebel
Merupakan salah satu buku wajib bagi anda pelaku dan pemerhati finishing mebel

 more info : klik disini